Wings Air Tutup Penerbangan Manado-Naha

Posted by tabitha
Category:

Tahuna: Konsolidator group Lion Air wilayah Nusa Utara Fredy Panca Sinedu mengatakan penerbangan Wings Air rute Manado-Naha pulang pergi segera dihentikan. Mahalnya harga avtur menjadi penyebab.

“Harga avtur di Bandara Samratulangi Manado sangat mahal sehingga penerbangan Wings Air Manado-Naha pulang pergi akan dihentikan mulai 3 Oktober 2019,” kata Ferdy Sinedu di Tahuna, melansir¬†Antara, Senin, 30 September 2019.

Menurut dia, harga avtur per liter di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, hanya Rp7.970 sedangkan di Bandara Samratulangi Manado dibanderol Rp10.080 per liter. Dengan selisih harga avtur Rp2.110 per liter, maskapai diBandara Samratulangi Manado merugi. Belum lagi jumlah penumpang yang bisa dihitung jari.

Dia berharap dukungan pemerintah kabupaten dan provinsi untuk bersama-sama meminta kepada pemerintah pusat agar harga avtur dijadikan satu harga di semua bandara.

“Kami berharap, pemerintah daerah Sulawesi Utara dan kabupaten turut memperjuangkan agar harga avtur di Bandara Samrat bisa sama dengan yang di Bandara Soekarno-Hatta,” kata dia.

Ferdy mengatakan perusahaan sudah berusaha menerapkan program subsidi silang namun belum bisa menutupi kekurangan biaya operasional Manado-Naha. Pihaknya pun telah melayangkan surat kepada Presiden agar menurunkan harga avtur.

“Kami sudah menyurati Presiden agar harga avtur menjadi sama di seluruh Indonesia seperti bahan bakar lainnya,” kata dia.

Dia yakin bila avtur dibuat satu harga, penerbangan dengan jumlah penumpang yang tak terlalu banyak tak akan ‘tutup buku’. “Kalau harga avtur menjadi sama penerbangan Wings Air ke Naha bisa tetap jalan seperti biasa,” pungkasnya.

Sumber: medcom.id