JICT Modernisasi CC Super Post Panamax Terbaru, Crane Lama Dipasang di Kijing

Posted by tabitha
Category:

Tabitha.com – Terminal peti kemas (TPK) Jakarta International Container Terminal (JICT) segera mengganti dua unit container crane (CC) dengan crane baru yang lebih canggih jenis Super Post Panamax.

“Crane canggih yang memiliki jangkauan 27 row itu akan dipasang di dermaga utara JICT sehingga diharapkan mampu meningkatkan produktivitas bongkar muat dan mengimbangi TPK NPCT1 (New Port Container Terminal 1),” ungkap Dani Rusli, Direktur Teknik dan Management PT Pelabuhan Indonesia II/IPC Group kepada Translogtoday, Jumat (25/10).

Dia berharap dua unit crane Super Post Panamax itu bisa terpasang dan beroperasi paling lambat akhir 2020.

Menurut Dani, dua crane JICT yang diganti itu juga tipe Post Panamax tapi jangkauannya hanya 14 row. Kedua crane bekas itu akan dipindahkan untuk dioperasikan di TPK Pelabuhan Kijing, Kalimantan Barat.

Dia mengatakan pemindahan crane ke Kijing diusahakan tidak mengganggu operasional TPK JICT. Lagi pula, lanjut Dani, TPK Kijing diperkirakan baru bisa dipasang crane pada akhir 2020.

Sebelumnya, TPK Koja juga siap mengganti tiga unit CC dengan crane Super Post Panamax untuk meningkatkan produktivitas bongkar muat peti kemas.

IPC dan Hutchison Ltd. Hong Kong sebagai pemegang saham TPK Koja dan JICT tengah membenahi alat produksi agar produktivitas bisa meningkat.

Rencana penggantian CC tersebut akan disertai dengan penambahan sarana penunjang dan daya dukung. Penggantian alat itu terutama untuk mengakomodasi kebutuhan dan tuntutan pasar, seiring dengan semakin banyak kapal peti kemas yang menyinggahi Pelabuhan Tanjung Priok.

Sumber: Translogtoday.com

Open chat
Powered by