Jika Perusahaan Logistik “Hancur”, Bagaimana Nasib E-Commerce?

Posted by tabitha
Category:

JAKARTA, KOMPAS.com – Industri e-commerce di Indonesia semakin berkembang sejak beberapa tahun lalu. Kini, e-commerce menjadi primadona bagi sebagian orang untuk belanja atau mendapatkan seuatu barang.

Meskipun demikian, kelangsungan e-commerce tak bisa berdiri sendiri tanpa adanya perusahaan lain, salah satunya pengiriman logistik.

Lantas, bangaimana jika usaha pengiriman logistik ini tidak ada atau berhenti? Menurut Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan DPP Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Trian Yuserma, sektor e-commerce atau perdagangan elektronik tidak akan bisa bertahan serta tumbuh. Sebab, jasa pengiriman logistitk jadi satu mata rantai pengiriman barang yang dipesan konsumen.

“Kalau (perusahaan) logistiknya hancur, e-commerce-nya enggak akan laku,” ungkap Trian kepada Kompas.com, Jumat (19/4/2019).

Trian mengatakan, selain perusahaan pengiriman logistik, faktor yang lain juga tak kalah penting ialah internet dan telekomunikasi. Lewat saluran inilah para calon pelanggan atau masyarakat hendak membeli barang bisa berinteraksi.

Artinya, keberadaan perusahaan pengiriman logistik, internet, dan telekomunikasi erat keterkaitangan dengan e-commerce.

“Jadi, sesuatu faktor akibat bukan sebab,” jelasnya.

Trian meyakini, di dunia ini ada tiga jenis usaha yang tidak akan “punah”, yaitu transportasi, telekomunikasi, dan pariwisata. Pada industri transportasi itu pula jasa perusahaan pengiriman logistik masih bertahan hingga kini.

Ia menjadi penopang bisnis usaha perdagangan elektronik yang kian bertumbuh.

“Kalau mereka mati, itu kerena dirinya sendiri atau karena situasi disebakan bencana, bisa konflik, ekonominya tidak berkembang. Jadi kalau kondisi damai, kondisi stabil, masyarakat itu perekonominnya tumbuh,” imbuhnya.

Sisi lain, Trian juga tak memungkiri kehadiran e-commerce telah memberikan dampak positif pada usaha pengiriman logistik. Satu bukti rillnya ialah volume pengiriman logistik yang meningkat signifikan dari tahun ke tahun.

“Trennya bertumbuh, kalau bicara volume. Sama dengan di bandara, laut, itu bertumbuh di seluruh Indonesia,” sebutnya.

Penulis : Murti Ali Lingga

Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan

Sumber: kompas.com