Kereta Api Logistik Mau Kembangkan Terminal Barang jadi Entitas Bisnis

Posted by tabitha
Category:

Tabitha.com – PT Kereta Api Logistik (KALOG) selaku anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI berencana untuk mengembangkan fungsi dari terminal pengangkutan barang menjadi entitas bisnis tersendiri yang bisa memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Plt Direktur Utama PT KAI Hendy Helmy mengatakan, pihaknya bakal melakukan konsolidasi untuk mengubah pola sistem angkutan barang. Dia ingin menghidupkan potensi bisnis dari kegiatan pengangkutan logistik.

“Misalkan, dulu di terminal kita punya lahan cukup besar, (tapi) terminal-terminal ini kita enggak optimalkan. Ini hanya bagian supporting dari angkutan barang. Tapi nanti ke depan kita mau jadikan terminal jadi basic bisnis juga,” jelas dia di Jakarta, Sabtu (7/9).

Dia mengutarakan, pihaknya dulu hanya fokus pada angkutan barang namun melupakan keberadaan terminal. Tapi kemudian ia menyadari, ternyata terminal ini dapat menjadi suatu entitas bisnis tersendiri yang bisa menguntungkan.

“Makanya kita lagi pikir organisasi yang tidak hanya fokus kepada angkutan, tapi juga fokus kepada gudang-gudang, terminal-terminal, dan lain-lain,” ungkap dia.

Hendy menyampaikan, KALOG saat ini punya keterbatasan bongkar-muat pada saat angkutan barang lantaran belum memaksimalkan keberadaan terminal. Ke depan, ia mau lebih mengembangkan terminal barang yang ada di luar Jakarta.

“Kita lagi coba jajaki peluang pasar yang tidak terkelola saat ini. Misalnya Jakarta ke Surabaya mau turun Cikampek enggak bisa kan, karena kita belum punya. Kita mau bikin, padahal di Cikampek itu cukup besar pasar industrinya,” tuturnya.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6