Asosiasi Logistik Kaltim Berharap Kualitas Jalan Ditingkatkan

Posted by tabitha
Category:

BALIKPAPAN — Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Kalimantan Timur, berharap kepada pemerintah agar kualitas jalan di daerah ini ditingkatkan. Pernyataan itu disampaikan menyusul banyaknya ruas jalan rusak, yang dapat menghambat distribusi barang dan jasa di wilayah ini.

Ketua ALFI Kalimantan Timur, Faisal Tola, mengatakan, peningkatan kualitas jalan atau infrastruktur jalan dapat memperlancar pembangunan. “Salah satu kendala dalam distribusi logistik adalah kondisi jalan yang buruk. Hal ini harus menjadi perhatian pemerintah, bila ingin memastikan pasokan barang di daerah,” kata dia, Selasa (10/9/2019).

Dia mengatakan, salah satu komponen yang cukup mahal yang membebani harga kebutuhan pokok adalah distribusi. Makin murah biaya angkutan, maka ongkos yang dibebankan kepada konsumen atau masyarakat bisa makin murah.

Berkaitan dengan pembangunan Tol Balikpapan – Samarinda, ALFI menilai sebagai langkah yang tepat. Hanya saja, lagi-lagi dia berharap tarif yang dikenakan tidak mahal.

“Pembangunan infrastruktur jalan tol Balikpapan-Samarinda, itu bisa memudahkan jalur logistik. Asal tarif tak mahal, maka harga barang ke masyarakat juga bisa rendah,” ucapnya.

Pembangunan jalan yang baik dapat memperkuat Balikpapan sebagai pintu masuk Kalimantan Timur sebagai ibu kota negara yang baru.

Sumber: cendananews.com