Hingga September 2019, Ekspor China ke AS Turun 10,7%

Posted by tabitha
Category:

Tabitha.com – Juru Bicara Kepabeanan China Li Kuiwen seperti dilansir Reuters, Senin (14/10/2019) mengungkapkan, nilai ekspor China ke Amerika Serikat (AS) sepanjang Januari-September turun 10,7% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Sementara impor dari AS merosot hingga 26,4% pada periode yang sama.

Perang dagang dengan AS diakui telah memberikan tekanan pada perdagangan China, kendati perkembangan terakhir pembicaraan antara kedua negara telah menghasilkan hal-hal positif di sejumlah area.

Seperti diberitakan sebelumnya, setelah melakukan pembicaraan tingkat tinggi selama dua hari di Washington, AS sepakat untuk menangguhkan kenaikan tarif selanjutnya terhadap produk impor China. Kesepakatan yang dicapai mencakup peningkatan pembelian komoditas pertanian AS.

Kesepakatan itu menjadi angin segar setelah sebelumnya AS mengancam akan kembali menaikkan tarif terhadap sejumlah produk China hingga mencapai 30% pada minggu depan. Negosiator utama China Liu He mengaku senang dengan kesepakatan yang menandai kemajuan dalam negosiasi kedua negara tersebut.

Presiden AS Donald Trump menambahkan, negosiator akan mulai membahas fase tambahan segera setelah perjanjian tersebut didokumentasikan. Trump mengungkapkan, kemungkinan kesepakatan itu baru akan diteken bersama Presiden China Xi Jinping pada KTT PBB di Chile bulan Desember mendatang.

Sumber: sindonews.com
Open chat
Powered by