Sejumlah Tantangan Ini Halangi Bisnis Logistik Indonesia

Posted by tabitha
Category:

WE Online, Jakarta – Indonesia merupakan negara kepulauan dengan 17.500 pulau yang membentang seluas 1.905 juta kilometer persegi. Dengan keadaan geografis yang unik ini, Indonesia sering dipandang sebagai mimpi buruk bagi industri logistik.

Kebutuhan untuk menguasai daratan dan perairan untuk mengirimkan barang antarkota merupakan tantangan besar. Sejumlah masalah inheren di Indonesia seperti infrastruktur transportasi dan konektivitas maritim juga menjadi penghalang bagi bisnis agar bisa mendapatkan proses logistik yang mulus.

Di Amerika Serikat atau Tiongkok, penggunaan moda truk sebagai alat pengangkut sudah cukup untuk menjangkau mayoritas daerah berkat besarnya area daratan negara tersebut. Terlebih, kedua negara ini memiliki infrastruktur dan jaringan transportasi yang lebih baik.

Beda halnya dengan Indonesia yang masih mencari cara tepat untuk mengatasi tantangan logistik karena struktur geografisnya tersebut. Terlebih lagi, biaya logistik di Indonesia pun terbilang tinggi.

Dengan begitu, transportasi multimoda merupakan solusi pengiriman barang yang tepat. Transportasi multimoda berarti menggabungkan metode transportasi yang berbeda untuk bisa mencapai area-area terpencil.

“Banyak yang salah paham dengan kondisi logistik di Indonesia, apalagi bila dilihat dari kacamata orang luar. Berbeda dengan India atau Tiongkok, Indonesia bukanlah sebuah daratan homogen besar, dan karena itu akan membutuhkan pendekatan transportasi multimoda hyperlocal yang terfragmentasi,” jelas Willson Cuaca, managing partner di firma modal ventura East Ventures, melalui keterangannya.

Untuk itu, industri logistik haruslah menawarkan layanan yang benar-benar dibutuhkan Indonesia, dari hulu ke hilir, yang mencakup berbagai elemen, seperti infrastruktur transportasi, kargo, konsolidasi hingga pergudangan.

Sumber: wartaekonomi.co.id